Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Ilustrasi. Foto (thinkstock)

Perhatikan 5 Faktor Ini Saat Ingin Menata Taman Kecil Jadi Lebih Asri

Dumai – Meski berukuran kecil, taman di depan atau belakang rumah Anda bisa terlihat asri dan nyaman untuk diduduki berlama-lama asalkan dengan penataan yang tepat. Untuk membuatnya terlihat lebih luas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mendekorasinya. Seperti apa?

1. Rumput Sintetis
Menurut desainer interior Riska Anggarini, taman yang kecil sebaiknya tidak perlu bersifat ‘basah’ atau dipenuhi tanaman hidup. Sebagai pengganti rumput, Anda bisa menggunakan rumput sintetis yang tetap terlihat rapi dan natural meski tanpa perawatan.

2. Pemilihan Ubin
Sebenarnya, pemilihan ubin pada area taman bisa dilakukan sesuai selera Anda. Namun ubin yang terbuat dari kayu-kayuan lebih tahan di udara luar dan terkesan lebih alami.

“Ada juga yang modelnya batu-batu alam jadi lebih bagus. Pakai marmer juga bisa tapi kadang looknya lebih monoton. Jadi kalau rumah kecil dan mau lebih asri aku sarankan pakai keramik kayu atau batu,” jelasnya saat dihubungi Wolipop via telepon, Kamis (9/6/2016).

3. Keramik pada Dinding
Desainer lulusan Limkokwing University Malaysia itu menyarankan untuk menempelkan keramik pada dinding daripada mengecatnya. Alasannya, cat dinding akan lebih cepat kusam dan harus dicat ulang beberapa tahun sekali agar tetap terlihat bersih.

“Tapi kalau keramik kan nggak ada perawatannya. Memang itu nggak bikin ruangan terlihat besar tapi lebih asri aja. Kalau untuk taman kecil nggak harus kelihatan besar tapi poin utamanya bikin lebih menarik aja,” papar ibu 2 anak itu.

4. Focal Point
Untuk membuat taman menjadi lebih asri sekaligus menarik, ada salah satu dinding yang dijadikan focal point atau pusat yang menarik atensi saat orang melihatnya. Misalnya, sekeliling dinding taman dicat dengan warna senada, tetapi ada satu sisi dinding yang ditempelkan dengan batu-batu alam.

Contoh lain lagi, cat satu dinding dengan warna gelap, kemudian tambahkan lampu yang diletakkan di bagian atas dinding. Jika malam hari lampu dinyalakan, cahaya akan memancarkan ke bagian dinding tersebut sehingga taman terlihat lebih menarik.

Riska mengatakan bahwa ruangan indoor dan outdoor biasanya memiliki nuansa yang berbeda. “Kalau indoor kan kita sehari-hari di dalam ruangan jadi maunya ruangan terlihat besar dan cerah jadi lebih nyaman. Kalau outdoor atau taman kan bagian dari luar ruangan yang membuat ruangan indoor terasa lebih menarik,” katanya lagi.

5. Kursi Rotan
Biasanya taman juga dilengkapi dengan kursi-kursi santai untuk mempermanis penampilan. Untuk pemilihan kursi, wanita yang berprofesi sebagai desainer sejak 2007 itu menyarankan untuk memilih kursi yang bentuknya ramping dan bolong-bolong sehingga teksturnya terlihat lebih ringan namun tetap bisa diduduki seperti kursi rotan.

Kursi dari bahan rotan lebih cocok digunakan di luar ruangan dan lebih menarik. Jika diletakkan di ujung taman, kursi tersebut akan menjadi focal point yang tetap menarik perhatian. (dtc)

Komentar

komentar