Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,22 October 2018
Polda Riau (IST)

Polda Riau Bantah Tutupi SP3 Pembakar Hutan

Pekanbaru –  Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau membantah menutupi terkait dikeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) terhadap 15 perusahaan diduga melakukan pembakaran lahan.

“Tidak ada ditutupi. Kalian saja yang tidak bertanya. Buktinya saat LSM bilang ada 11 perusahaan, kami malah bilang 15,” kata Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Riau Kombes Rivai Sinambela kepada wartawan, di Pekanbaru, Rabu (20/7).

Sebelumnya Lembaga pegiat lingkungan Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) merilis bahwa Polda Riau mementahkan proses penyidikan terhadap 11 perusahaan diduga membakar lahan. Sebanyak 11 perusahaan itu merupakan penanganan perkara yang dilakukan pada 2015 silam.

Namun, Polda Riau justru dengan terbuka mengatakan bahwa tidak hanya 11 yang di-SP3-kan, melainkan 15 perusahaan.

Menurut Rivai, ke 15 perusahaan yang tidak dapat ditingkatkan proses penyidikannya itu karena kekurangan alat bukti.

Selain itu, mayoritas lahan yang terbakar merupakan lahan sengketa dengan masyarakat, meski dia tidak merinci perusahaan apa saja yang bersengketa itu.

Polda Riau pada 2015 lalu menangani 18 perusahaan yang diduga melakukan pembakaran lahan. Perusahaan tersebut adalah PT Langgam Inti Hibrindo, PT Palm Lestari Makmur, PT Wahana Subur Sawit. (Antara)

Komentar

komentar