Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,18 December 2018
Presiden Joko Widodo (Cahyo/Setpres)

Puncak WED, Jokowi Akan Resmikan Taman Nasional Zamrud Riau

Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo rencananya akan meresmikan secara langsung pembukaan Taman Nasional (TN) Zamrud, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Peresmian tersebut sebagai rangkaian dari acara puncak perayaan Hari Lingkungan Hidup Dunia 2016 atau World Environment Day (WED) 2016 pada akhir Juli mendatang.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono, peresmian taman nasional ini didasari dengan persetujuan Menteri LHK mengenai perubahan fungsi suaka margasatwa danau pulau besar dan hutan produksi Tasik Serkap menjadi Taman Nasional Zamrud sesuai dengan Surat Keputusan Menteri No 350/Tahun 2016.

Bambang menyatakan, peresmian Taman Masional Zamrud ini sebagai bentuk komitmen Indonesia kepada dunia internasional dalam hal konservasi dan pelestarian lingkungan hidup.

“Peresmian Taman Nasional Zamrud menjadi jawaban atas pertanyaan dunia internasional tentang komitmen bangsa terhadap pelestarian lingkungan,” kata Bambang dalam konferensi pers di Kantor KLHK, Selasa (12/7).

Menurut Bambang, KLHK bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Siak terus meningkatkan sinergitas dalam pemgelolaan Taman Nasional ke-52 tersebut.

Taman Nasional yang memiliki luas sekitar 31 ribu hektare ini, tutur Bambang, memiliki keanekaragaman hayati yang sangat beragam dan patut untuk dijaga kelestariannya.

Berdasarkan pendataan KLHK, terdapat sekitar 38 jenis spesies burung dan sembilan jenis mamalia seperti Beruang Madu (Helarctos malayanus) dan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), Babi Hutan (Sus vittatus), Kera (Macaca fascicularis), Tapir (Tapirus indicus) dan Rusa (Cervus sp.) di kawasan TN Zamrud ini.

Selain itu, di TN Zamrud juga terdapat dua jenis reptil utama yakni Biawak (Varanus salvator) dan Buaya Air Tawar (Crocodylus sp.) serta empat jenis primata yang dapat dijumpai seperti salah satunya Siamang (Hylobates syndactylus) dan masih banyak lagi.

Perairan kawasan TN Zamrud juga memiliki 14 jenis ikan yang delapan jenis ikan diantaranya memiliki nilai ekonomis tinggi dan juga nilai ekologis penting, terutama dalam menunjang kesinambungan lingkungan.

Bupati Kabupaten Siak Syamsuar turut menuturkan kebanggaan dan rasa terimakasihnya kepada KLHK yang telah mempercayai dan menunjuk Kabupaten Siak sebagai tuan rumah pelaksanaan puncak perayaan Hari Ligkungan Hidup Sedunia 2016. Ini, kali pertama perayaan Hari Lingkungan Hidup digelar di luar Ibu Kota Jakarta.

Syamsuar menyatakan, Pemkab beserta masyarakat terus melakukan persiapan menyambut gelaran acara tahunan ini. Ia menyatakan, pihak Pemkab Siak telah melakukan koordinasi dengan Polda Provinsi Riau guna mengoptimalkan pengamanan selama perayaan berlangsung.

Menurut Syamsuar, perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 akan menjadi momen pertama Presiden Indonesia secara langsung mengunjungi Istana Siak.

“Dulu hanya Wakil Presiden Mohammad Hatta yang pernah berkunjung ke Istana Siak. Semoga pak Jokowi menjadi presiden pertama yang bisa berkunjung kesana,” tutur Syamsuar. (cnn)

Komentar

komentar