Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018
Ilustrasi (IST)

Riau Sebar 197 Penyuluh Lapangan KB

Pekanbaru – BKKBN Perwakilan Provinsi Riau, menyiagakan 197 Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) untuk menggerakkan fungsi dan peran kampung KB pada 1.846 desa atau kelurahan, di perkotaan, wilayah perbatasan dan terpencil.

“Keberadaan PLKB sebanyak 197 orang itu belum sesuai dibandingkan dengan desa yang akan disuluh, untuk mengatasi kekurangan tersebut peran tokoh masyarakat, TNI dan Polri serta Bidan Desa terus diintensifkan,” kata Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau, Yenrizal Makmur di Pekanbaru, Selasa (19/7).

Menurut dia, keberadaan PLKB sangat dibutuhkan untuk menekan angka Total Fertility Rate (TFR) Riau tahun 2016 sebesar 2,9 diupayakan menjadi 2,36 pada tahun 2019.

Ia mengatakan, PLKB adalah Pegawai Negeri Sipil atau non pegawai negeri sipil yang diangkat oleh pejabat yang berwenang dan berkedudukan di tingkat desa atau kelurahan yang bertugas melaksanakan, mengelola, menggerakkan, memberdayakan serta menggalang dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan program KKB bersama institusi masyarakat.

“PLKB berperan sebagai pembantu teknis kepala desa dalam pelaksanaan dan pengendalian program KKB-PK 2. Penyebarluasan ide program KKB-PK di tingkat desa serta menggerakkan masyarakat desa dalam pelaksanaan Program KKB-PK,” katanya.

Disamping itu, katanya, mereka juga bertugas memotivasi, menggali potensi yang ada untuk membantu keluarga pra sejahtera, meningkatkan peran bapak dalam ber KB. Selain itu, mereka juga bertugas membina kelompok BKB dan membuat laporan. (Antara)

Komentar

komentar