Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018
Ilustrasi (IST)

Tiap Bulan, Pekanbaru Butuh 3000 Kantong Darah

Pekanbaru – Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, berupaya menyediakan stok sekitar 3.000 kantong darah setiap bulan guna melayani kebutuhan masyarakat.

“Tingkat kebutuhan darah di Kota Pekanbaru terbilang tinggi datang dari berbagai rumah sakit dan klinik pengobatan dalam kota dan kabupaten,” kata Ketua PMI Pekanbaru M. Noer di Pekanbaru, Senin (18/7).

Dia mengatakan tingginya permintaan transfusi darah tiap bulan itu membuat PMI harus kerja keras mencari pendonor, baik sukarela maupun pengganti.

“Setiap bulan PMI Pekanbaru mesti mengumpulkan 3.000 kantong darah, kalau tidak maka akan terjadi krisis. Walau kebutuhan tidak sampai segitu, tetap mesti disiapkan untuk berjaga-jaga,” katanya.

Untuk mencapai ketersediaan kantong darah, PMI Pekanbaru rutin menggelar donor darah. Petugas dari PMI mendatangi tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, mengingat terkadang tidak semua orang yang dapat meluangkan waktunya rutin mendonor.

“Rutin kita bentuk tim untuk mengumpulkan kantong darah. Termasuk PNS dan non-PNS, seperti ke komunitas dan mahasiswa di kampus-kampus,” ujarnya.

Menurut Noer, ramainya masyarakat berobat di rumah sakit juga membuat tingkat kebutuhan kantong darah ikut tinggi.

“Seperti kecelakaan, ada yang operasi, maupun demam berdarah. Membuat ketersediaan kantong darah sangat dibutuhkan, terutama golongan darah yang langka seperti AB,” katanya. (Antara)

Komentar

komentar