Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,19 April 2018
Jalur kereta api Dumai-Pekanbaru (IST)

Warga Dumai Tanyakan Lahan Ganti Untung Proyek KA

Dumai – Pemerintah Provinsi Riau menyatakan ada sekelompok warga di Kota Dumai mulai bertanya-tanya kapan dilaksanakan ganti untung untuk proyek Kereta Api Trans Sumatera di daerah itu, yang mencapai 21 kilometer di ruas Bukit Kapur-Dumai.

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie di Pekanbaru, Selasa, menyebut, sejumlah warga terutama yang tinggal pada tiga kecamatan di Dumai menginginkan kepastian pembangunan jalur kereta api tersebut.

“Intinya, tidak ada masalah. Malahan warga setempat semangat tanya ke lurah masing-masing, tentang kapan waktu ganti untung atas pembebasan lahan jalur kereta api sepanjang 21 kilometer,” ucapnya, Selasa (19/7).

Dia berujar, konsultasi publik antara pemprov dengan warga tempatan terkait pembebasan lahan yang terkena lintasan dari pembangunan rel KA di berjuluk kota pelabuhan tersebut, bakal dilakukan pada 22-28 Juli mendatang.

Informasi terakhir yang pihaknya dapatkan, kabarnya masyarakat di Dumai menyambut baik bakal terealisasinya pembangunan jalur rel melintasi sekitar 644 persil di lahan tanah tersebut dan nantinya terhubung ke provinsi tetangga.

“Sebelum dilakukan pembebasan lahan oleh badan pertanahan nasional, kita lakukan dulu konsultasi publik untuk menjalin kesepakatan pemilik lahan (warga) dengan pemerintah. Kalau belum sepakat, maka kita lakukan lagi,” ucap Ahmad. (Antara)

Komentar

komentar