Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,21 July 2018
Menkopolhukam Wiranto (IST)

Wiranto Nonaktif dari Hanura, Chairudin Ismail Jadi Pelaksana Harian Ketum

Jakarta – Menko Polhukam Wiranto menyatakan sudah nonaktif dari Hanura, partai yang dia pimpin. Tugas-tugas ketua umum akan dijalankan oleh pelaksana harian yaitu Jenderal Polisi (Purn) Chairudin Ismail.

“Merangkap jabatan tidak lazim di partai karena akan memecah konsentrasi kinerja menteri dalam dua sisi. Karena itu, sore ini saya memutuskan bahwa mulai ketok palu tadi, saya sudah tidak aktif lagi dalam kegiatan-kegiatan partai politik, sehingga tugas-tugas yang harus dilaksanakan sebagai ketua umum partai politik akan dijabat oleh pejabat senior di partai ini. Yakni Jendral Polisi (Purn) Chairudin Ismail,” kata Wiranto.

Hal itu disampaikan usai rapat pleno di Kantor DPP Hanura, Jalan Tanjung Karang, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2016). Chairudin sendiri sebelumnya menjabat sebagai Waketum Hanura.

“Memang dia sudah kader Partai Hanura sejak bediri. Jadi dengan demikian saya bisa lebih konsentrasi. Ada tugas yang dibebankan kepada saya oleh presiden sebagai menkopolhukam,” ujarnya.

Ada alasan mengapa Wiranto tidak langsung melepas jabatan melainkan menunjuk pelaksana harian. Menurutnya, perlu ada Munas Luar Biasa (Munaslub) untuk melepas jabatan.

“Karena kalau lepas jabatan langsung itu harus munaslub. Musyawarah luar biasa itu tidak mudah. Itu perlu persiapan yang sangat luas, perlu memanggil seluruh stakeholder partai. Enggak keburu kerja nanti,” ucap Wiranto.

Lalu, sampai kapan status nonaktif itu akan tersemat? “Sudah jelas, itu enggak usah didiskusikan lagi, sudah jelas kok, jadi menteri itu sampai kapan,” jawabnya.

Komentar

komentar