Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,18 August 2018

600 Hektare Lahan di Riau Terbakar dalam Sepekan

Pekanbaru – Komandan satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau, Brigjen TNI Nurendi mengatakan bencana kebakaran yang melanda sejumlah kabupaten dan kota di wilayah tersebut dalam satu pekan terakhir diperkirakan mencapai 600 hektare.

“Tim masih menghitung total luas lahan yang terbakar. Perkiraan sementara mencapai 500-600 hektare,” kata Brigjen TNI Nurendi kepada Antara di Posko Satga Karhutla Riau, Pekanbaru, Jumat (19/8).

Meski begitu, dia mengatakan secara keseluruhan mayoritas lahan yang terbakar tersebut dapat ditanggulangi meski sempat memasuki masa kritis saat 200 an titik panas terpantau pada awal pekan ini.

Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai merupakan dua wilayah yang dilanda kebakaran lahan cukup luas. Nurendi mengatakan, kedua wilayah tersebut sempat dilanda kabut asap cukup tebal sebelum peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus lalu.

“Kabut asap di sana cukup tebal. Ada satu hari asap menyelimuti Kota Bagan Siapi-Api,” ujarnya.

Nurendi yang sempat berada di Dumai dan Rokan Hilir selama tiga hari tersebut mengatakan kerjasama tim gabungan baik darat maupun udara dalam memadamkan kebakaran di kedua wilayah tersebut berhasil menanggulangi ratusan titik panas sehingga kabut asap tidak meluas.

Sementara itu, dia mengatakan mayoritas lahan yang terbakar merupakan lahan “Open Access” atau lahan tidak bertuan. Seperti di wilayah Kubu, Rokan Hilir, lanjutnya, kebakaran yang berada di daerah tersebut cukup luas.

Upaya penanggulangan Karhutla di Rokan Hilir dilakukan oleh seluruh pihak. Polda Riau sebelumnya turut mengerahkan dua pleton pasukan Brigade Mobil dari Detasemen B guna membantu menanggulangi Karhutla di Rokan Hilir. (Antara)

Komentar

komentar