Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,22 October 2018
Ilustrasi kabut asap (IST)

Asap dari Rokan Hilir Tutupi Dumai

Pekanbaru – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, bertiupnya angin dari Tenggara ke Barat Daya di wilayah pesisir Riau, mengakibatkan asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Rokan Hilir menutupi Kota Dumai.

“Asapnya itu terbawa angin ke Barat Daya sampai Timur Laut. Angin itu, berbelok. Secara umum ke Utara di Selat Malaka, tapi dampak wilayah Dumai tertutupi,” ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru, Senin (29/8).

Dia jelaskan, kecepatan angin berkisar lima sampai 15 knot atau sembilan hingga 27 kilometer per jam atau relatif kencang, maka asap karlahut di Rokan Hilir sudah berkurang begitu tiba di Selat Malaka.

Namun secara umum, cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan dan sebagian wilayah Riau bagian Utara hingga Tengah diselimuti kabut asap tipis.

Potensi hujan ringan hingga sedang tidak merata yang dapat disertai petir diperkirakan berpotensi terjadi di wilayah Riau bagian Barat, Tengah, Selatan dan sebagian Utara pada sore dan malam hari.

Data Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Badan Lingkungan Hidup Provinsi Riau awal pekan ini dilaporkan menunjukkan, wilayah Dumai pada angka kosentrasi 282 u gram/m3 atau setara ISPU 166 dengan kesimpulan tidak sehat.

“Memang banyak, tapi tidak terlalu parah untuk negeri jiran Malaysia. Tetapi masyarakat di Dumai sendiri seperti agak terasa dampak kebakaran hutan dan lahan,” ucap dia. (Antara)

Komentar

komentar