Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,24 October 2018

Bandara Pekanbaru Ganti Rugi Lahan Warga

Pekanbaru – Pengelola Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru mengaku, sedang memproses ganti rugi lahan warga setempat, karena dipakai sebagai tempat fasilitas navigasi penerbangan dengan panjang landasan 2.600 meter.

“Kami sudah lakukan negosiasi dan tinggal proses pembayaran, tetapi belum beres. Kami harap secepat mungkin bisa diselesaikan,” ujar Kepala Divisi Pelayanan dan Operasi Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Hasturman Yunus di Pekanbaru, Rabu (31/8).

Menurutnya, saat ini masih diproses atau lebih tepatnya berada di meja notaris menunggu penyelesaian akta jual beli dan proses ganti rugi lahan milik warga untuk dibayarkan.

Bandar udara terletak di jantung ibu kota Provinsi Riau tersebut, hingga kini masih mengoperasikan runway atau landasan pacu dengan panjang 2.240 meter dan lebar 45 meter.

Padahal akhir tahun 2015, terdapat penambahan panjang landasan pacu 360 meter atau menjadi 2.600 meter, tetapi belum bisa difungsikan karena terkendala dengan sistem peralatan navigasi.

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II setiap hari melayani sekitar 8.000 orang penumpang pesawat dengan 12 maskapai baik rute domestik maupun internasional dan memiliki frekuensi terbang sekitar 84 kali.

“Kalau sudah pembayaran, nanti tentu kami bebaskan letak pagar bandara. Baru kami bangun tempat peralatan navigasi tersebut dengan jarak semakin jauh dari sekarang,” kata dia.

“Akhir tahun ini, kami harapkan masalah ini sudah dapat selesai. Untuk sekarang sambil berjalan, maka kami tunggu pemindahan instrumen sistem pendaratan,” tambah Hasturman. (Antara)

Komentar

komentar