Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,24 October 2018
Perenang Amerika Serikat Michael Phelps menggunakan bekam (IST)

Bekam Diminati Atlet Olimpiade

Ada yang menarik dalam ajang olahraga dunia di Rio De Jenairo 2016, yakni tanda bulat kemerahan di tubuh sebagian atlet Amerika. Rupanya, tanda tersebut berasal dari terapi bekam.

Atlet yang terlihat memiliki bekas-bekas terapi bekam antara lain perenang AS Michael Phelps yang sudah 19 kali ikut olimpiade dan Natalie Coughlin. Atlet gymnastic dari Amerika juga melakukannya.

Bekam adalah metode pengobatan kuno yang sudah dipakai sejak zaman Yunani Kuno dan disebutkan dalam catatan medis Sanskerta ribuan tahun lalu. Bekam juga dipakai oleh ilmuwan kedokteran Ibnu Sina.

Terapi bekam memang sedang diminati para atlet elit. Bila di Indonesia terapi ini populer untuk penyembuhan sejumlah penyakit dan menjaga kebugaran tubuh, para atlet meyakini terapi ini bisa meningkatkan performa mereka.

Selain atlet Amerika, para atlet dari Tiongkok juga diketahui mendapatkan terapi bekam dari pelatihnya.  Orang Tiongkok percaya bekam akan membuka saluran chi.

Terapi bekam dipercaya bisa mengatasi rasa nyeri otot, nyeri punggung, dan berbagai nyeri lain yang mengganggu. Terapi ini juga bisa mempercepat penyembuhan dan memperlancar aliran darah.

Meski demikian, penjelasan ilmiah dari manfaat terapi ini belum diketahui. Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa efek bekam pada performa atlet hanyalah efek plasebo atau semacam sugesti saja.

Ada banyak cara untuk melakukan terapi bekam, tapi secara tradisional dilakukan dengan membakar kapas yang ditempatkan dalam gelas terbalik di kulit untuk menghasilkan kehampaan di udara panas. (Kmps)

Komentar

komentar