Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Ilustrasi (IST)

BNPB Kirim Helikopter untuk Atasi Karlahut di Riau

Pekanbaru – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin sore, mengirimkan helikopter tambahan jenis Bolkow 105 untuk memperkuat satuan tugas di Riau dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

“Alhamdulillah helikopter jenis Bolkow 105 sudah mendarat sore tadi (Senin). Nantinya helikopter itu akan kita maksimalkan untuk patroli dan pengeboman air,” tegas Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Senin (22/8).

Edwar mengatakan heli Bolkow 105 pada dasarnya dapat digunakan untuk pengeboman air. Namun, kapasitasnya tergolong kecil karena hanya mampu 500 liter air. Untuk itu, ke depan heli tersebut akan lebih digunakan untuk patroli udara dalam memetakan titik kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Edwar Sanger yang juga menjabat sebagai wakil Komandan Satgas Karhutla Riau mengatakan saat ini BNPB telah mengirimkan tiga helikopter dan dua pesawat air tractor (AT). Ketiga helikopter itu terdiri dari dua unit jenis MI-8 dan satu unit helikopter jenis MI-171. Ketiga heli tersebut mampu mengangkut 4-5 ton air.

Sementara itu, dua pesawat AT selama ini memiliki dwi manfaat. Selain untuk patroli, pesawat tersebut juga mampu mengangkut tiga ton air untuk proses pemadaman melalui udara.

Bantuan BNPB sendiri terus berdatangan setelah kondisi Karhutla di Riau sempat meluas pada pekan pertama Agustus 2016 lalu. Pada Minggu sore lalu (21/8), BNPB juga mengirim satu unit MI-8 sebelum kembali mengirim Bolkow 105 sehari sesudahnya.

Seluruh heli dan pesawat tersebut saat ini bermarkas di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru. (Antara)

Komentar

komentar