Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Sosialisasi hepatitis (IST)

Dinkes Dumai Sosialisasi Pengendalian Hepatitis

Dumai – Dinas Kesehatan Kota Dumai mengadakan sosialisasi dan advokasi pengendalian hepatitis pada kelompok resiko tinggi untuk membangun komitmen dan meningkatkan peran positif para pemangku kepentingan.

Kepala Bidang P2PL Dinkes Dumai Romauli di Dumai, Senin, menyebutkan, Kementerian Kesehatan RI telah menunjuk Dumai sebagai percontohan di Provinsi Riau untuk memulai pelaksanaan kegiatan pengendalian penyakit hepatitis tersebut ke masyarakat sasaran.

“Sasaran untuk kegiatan pengendalian hepatitis yang akan dimulai Agustus ini ditargetkan delapan ribu orang kelompok resiko tinggi di Dumai,” kata Romauli, Senin (1/8)

Dijelaskan dia, kelompok resiko tinggi yang akan menjadi sasaran kegiatan ini, diantaranya ibu hamil, warga binaan rumah tahanan, wanita pekerja seks, pengguna jarum suntik narkoba, pelaku seks menyimpang dan seluruh tenaga kesehatan serta pasien cuci darah.

Kegiatan ini, lanjut dia, akan dilaksanakan dengan dua metode, yaitu promotif melalui sosialisasi dan penyuluhan di tengah masyarakat, kemudian prefentif atau langsung menyasar ke kelompok sasaran dan dilakukan pemeriksaan dini.

“Tujuan program ini guna menurunkan angka kematian dan kesakitan akibat hepatitis, dan tim medis akan mendatangi langsung kelompok resiko tinggi tersebut untuk melakukan sosialisasi dan pemeriksaan,” katanya lagi. (Antara)

Komentar

komentar