Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi hujan (ANTARA)

Hujan Turun Merata di Riau

Pekanbaru – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, hujan terpantau turun hampir merata di Provinsi Riau, sehingga mengakibatkan kualitas udara diperkirakan pada umumnya semakin membaik.

“Delapan dari 10 titik yang kita pantau, terjadi hujan dengan intesitas ringan kemarin (Selasa, 30/8). Kondisi tersebut, sangat bantu upaya pemadaman titik api di Riau,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru, Rabu.

Slamet menjelaskan, sekitar 49 persen wilayah daratan di Riau atau 4,36 juta hektare dengan luas total 8,9 juta hektare, merupakan hutan dan lahan bergambut.

Tidak mudah dalam memadamkan bara api di hutan atau lahan gambut karena dan memiliki karakter seperti api dalam sekam jika wilayah di provinsi tersebut terbakar, serta mudah terbakar ketika di sulut api pada musim kemarau.

Dia merinci, hujan turun seperti daerah Rengat dan sekitar di Indragiri Hulu terpantau dengan volume sekitar 22,8 milimeter (mm), serta Pangkalan Kerinci dan sekitar di Pelalawan 20 mm.

Lalu Koto Kampar dan Bangkinang sekitarnya di Kampar masing-masing sekitar 11,2 mm dan 7,9 mm, wilayah Pekanbaru dan sekitar 1,1 mm, Tembilahan dan sekitar di Indragiri Hilir tercatat 0,7 mm.

Terakhir daerah Sei Pakning dan sekitar di Bengkalis terpantau 0,4 mm serta wilayah Dumai dan sekitarnya turun dengan volume terpantau 0,1 mm.

“Hujan ringan hingga sedang dapat disertai petir atau kilat dengan angin kencang, kami perkirakan berpotensi terjadi di wilayah Riau bagian Barat, Tengah, Selatan, pesisir Timur dan Utara pada siang, sore atau malam hari,” ucapnya. (Antara)

Komentar

komentar