Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi (IST)

Ini Dia Tersangka Penyebar Vaksin Palsu di Riau

Pekanbaru –  Jajaran Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menetapkan dua tersangka pengedar vaksin palsu dengan barang bukti sekitar 100 ampul.

“Kedua tersangka saat diduga sebagai pengedar vaksin palsu sudah kami tahan,” kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Toni Hermawan di Pekanbaru, Selasa malam (2/8)

Namun begitu, dia tidak merinci kedua tersangka berikut kronologis ditangkapnya kedua orang itu karena saat ini Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru masih terus melakukan pengembangan.

“Masih didalami dan Kasat Reskrim saat ini sedang berupaya mengembangkan kepada distributor lain,” ujarnya singkat.

Informasi yang beredar menyebutkan, selain mengamankan 100 ampul vaksin palsu, polisi juga telah mengantongi alat bukti berupa keterangan saksi dari BBPOM Pekanbaru dan Biofarma sebagai penyedia serta hasil pemeriksaan Laboratorium.

Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi (BBPOM) Riau, Indra Ginting mengaku pihaknya telah menerima hasil test uji sempel vaksin dan serum tetanus serta anti bisa ular dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan Pusat.

“Hasilnya, kedua sampel temuan BBPOM Riau tersebut dinyatakan positif palsu. Kedua jenis vaksin dan serum tersebut sudah beredar di salah satu distributor di Pekanbaru,” kata Indra Ginting.

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian guna mengungkap kasus tersebut agar tidak lagi membuat resah masyarakat.

“Karena kami tidak bisa masuk ke proses hukum, jadi harus berkoordinasi dengan kepolisian,” lanjut Indra (Antara)

Komentar

komentar