Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,20 July 2018
Ilustrasi (IST)

Kabut Asap, Sekolah di Riau Disarankan Libur

Pekanbaru – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau menyatakan aktivitas sekolah khususnya pendidikan usia dini, taman kanak-kanak dan sekolah dasar, diperbolehkan untuk libur disaat kondisi polusi asap kebakaran lahan dan hutan sudah membahayakan kesehatan.

“Sekolah dan belajar itu penting, namun kesehatan itu yang lebih penting dan diutamakan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau, Kamsol, di Pekanbaru, Senin (29/8).

Ia meminta agar dinas pendidikan di kabupaten/kota yang terkena dampak asap kebakaran untuk selalu berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan badan lingkungan hidup setempat. Tujuannya agar selalu mendapat informasi terkini tentang kondisi udara.

Meski begitu, ia mengatakan keputusan meliburkan sekolah merupakan kewenangan mutlak dari bupati dan wali kota. “Apabila kondisi memang sangat-sangat tidak sehat, kepala dinas pendidikan kabupaten/kota bisa minta petunjuk dan arahan dari pimpinan daerah setempat, bupati/ wali kota terhadap langkah-langkah yang harus dilakukan,” kata Kamsol.

Sebelumnya, pada konsisi bencana asap akibat kebakaran pada 2015, hampir seluruh sekolah terpaksa diliburkan hampir sebulan lamanya akibat polusi asap kebakaran dalam taraf berbahaya. Namun, Kamsol berharap agar situasi itu tidak terulang lagi pada tahun ini.(Antara)

Komentar

komentar