Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Ilustrasi (IST)

Karyawan PT Dumai Bulking Tolak Mutasi

Dumai – Sejumlah pekerja PT Dumai Bulking perusahaan tangki timbun di Dumai menolak kebijakan mutasi dari manajemen karena dianggap tidak sesuai mekanisme dan diduga melanggar aturan perundangan ketenagakerjaan.

Ketua Pengurus Komisariat (PK) FSB Kamiparho KSBSI PT Dumai Bulking Hadi Riyanto, di Dumai, Kamis, menyebutkan mutasi ini mendapat penolakan karena dilakukan saat dua belah pihak menunggu proses penyelesaian tuntutan pekerja terkait penyesuaian upah dalam masa perundingan tripartit.

“Satu tuntutan yang sudah dimediasi oleh Dinas Tenaga Kerja belum selesai, tapi perusahaan sudah mengambil tindakan kepada pekerja yang menuntut hak, karena itu kebijakan mutasi ini kami sesalkan,” kata Hadi, Kamis (25/8).

Menurut dia, dalam aturan tenaga kerja, perusahaan tidak boleh mengganti atau mengambil tindakan dalam bentuk apa pun kepada pekerja selama proses menunggu penyelesaian tuntutan kerja.

Karena itu, dari 11 pekerja yang terkena mutasi, hanya tiga yang menerima dan delapan lainnya menolak sekaligus mempertanyakan alasan perusahaan mengambil tindakan tersebut.

“Kebijakan mutasi ini terkesan tidak adil karena perusahaan tidak menjelaskan hak normatif yang diterima dan merugikan pekerja karena lokasi kerja baru masih tahap pembangunan pabrik,” ujarnya pula. (Antara)

Komentar

komentar