Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018

Media Sosial Bisa Bantu Sukseskan Karier

Dulu, media sosial digunakan sekadar untuk hiburan. Lambat laun, orang pun memanfaatkannya untuk hal-hal lain, seperti bisnis dan karier.

Akun media sosial, baik milik pribadi maupun milik perusahaan, memiliki manfaat yang besar sebagai salah satu fasilitas penunjang kerja.

Di akun perusahaan misalnya, banyak yang bisa dilakukan, seperti survei, perekrutan karyawan, penentuan penyuplai, dan lain sebagainya.

Jika perusahaan telah memiliki akun media sosial sendiri seperti Twitter dan Facebook, tidak perlu keluar biaya untuk membuat iklan lowongan untuk menjaring calon karyawan.

Media sosial juga memungkinkan perusahaan untuk memonitor kompetitor atau melihat respons konsumen terhadap sebuah produk barang atau jasa yang ditawarkan. Sebagai sarana promosi bagi perusahaan penyedia barang atau jasa, media sosial dapat menaikkan profit bisnis mereka atau kesadaran orang akan produk mereka.

Bagi pekerja sendiri, media sosial mempermudah pekerjaan. Hal ini didukung penelitian Google bekerja sama dengan Millward Brown, perusahaan riset dan pemasaran yang berbasis di London, Inggris. Dalam riset yang melibatkan 2.700 profesional bisnis di Eropa Barat, ditemukan 32 persen responden menggunakan media sosial setiap hari untuk kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, sementara hampir separuh responden atau 46 persen berharap penggunaan media sosial di tempat kerja meningkat.

Media sosial berperan mengeliminasi batasan dalam organisasi dan memperkuat kolaborasi. Sekitar 80 persen responden dari perusahaan-perusahaan yang berkembang pesat melaporkan, media sosial telah memperbaiki kerja sama antarkaryawan dan hal berbagi pengetahuan dalam perusahaan.

“Semakin banyak cara bagi para pekerja agar dapat membagi pengetahuan, semakin cepat mereka bisa berinovasi dan mereka juga dapat semakin produktif,” ungkap Sebastien Marotte, Wakil Presiden Google Apps for Work.

Lewat media sosial, Anda juga dapat memperlihatkan kemampuan. Akun LinkedIn dapat membantu Anda membuat profil dalam konteks profesional secara daring dan membangun jaringan dengan banyak orang di dunia profesional. Media sosial ini memiliki fitur endorsed skill, juga recommendation yang memungkinkan orang untuk memberikan endorsement atau dukungan atas kemampuan Anda. (Tmp)

Komentar

komentar