Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018

Pekanbaru Siaga dan Waspada Kebakaran Hutan

Pekanbaru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru menetapkan wilayah tersebut siaga dan waspada kebakaran lahan dan hutan.

“Belakangan ini emang ada peningkatan kebakaran lahan di Pekanbaru dari biasa,” kata Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan pemadam kebakaran (BPBD-Damkar) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning di Pekanbaru, Minggu (21/8).

Burhan Gurning menjelaskan, penetapan siaga dan waspada kebakaran lahan dan hutan (karlahut) ini mengingat adanya peningkatan jumlah kebakaran lahan di Pekanbaru dua pekan terakhir. Bahkan sehari bisa mencapai empat kejadian atau lokasi berbeda.

Peningkatan ini karena iklim dan cuaca yang menunjang, yaitu kemarau dan panas udara yang rata-rata di atas 32 derajat Celsius membuat lahan kosong mudah tersulut api.

Karena itu, pihaknya bekerjasama dengan TNI selaku tim penanggulangan kebakaran karlahut menetapkan Pekanbaru dalam pantauan kewaspadaan dan siaga.

Menurut Gurning, tiga hari lalu pihaknya telah melakukan pemadaman atas empat titik lahan sekaligus. Lahan tersebut memang sengaja dibakar untuk membersihkan. Karena ditemukan pelakunya dan langsung diproses sesuai jalur hukum.

“Ada di belakang Hotel Ibis, Darma Bhakti, Rumbai,” kata Gurning mencontohkan.

Gurning menambahkan, pihaknya sejak Januari sudah melakukan pemadaman kebakaran lahan pada 40 kasus.

“Belakangan meningkat kebakaran lahan, sudah 40an, yang terbanyak kejadiannya dua Pekan ini,” tegasnya. (Antara)

Komentar

komentar