Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,24 October 2018
Kantor Gubernur Riau (IST)

Pemprov dan DPRD Riau Percepat Pembentukan Dinas Kebudayaan

Pekanbaru – Pemerintah Provinsi dan DPRD Riau mempercepat pembentukan Dinas Kebudayaan untuk berdiri sendiri terpisah dari Dinas Pendidikan menindaklanjuti Peraturan Pemerintah No. 18/2016 pengganti PP Nomor 41/2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah.

“Kami sudah susun dan harus tuntas peraturan daerah struktur organisasi tatakerja organisasi dua bulan sejak diundangkan. Bulan depan harus tuntas dan pengisiannya paling lambat enam bulan. Akhir Desember harus terisi,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau, Kamsol di Pekanbaru, Selasa (9/8).

Selanjutnya akan dibuat peraturan gubernur untuk fungsi anggaran. Dengan dinas kebudayaan berdiri sendiri maka untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sudah bisa dialokasikan. Tinggal kemudian pemisahan pendidikan dan kebudayaan.

Selama ini, kata dia, untuk melestarikan kebudayaan, operatornya menjadi masalah. Dia mengaku sebagai disdikbud masih terseok-seok dalam memahami kebudayaan sehingga membutuhkan staf ahli supaya tidak terjadi persoalan dalam melaksanakan kegiatan kebudayaan.

“Seperti masalah cagar budaya yang mulai terhapuskan dan budaya tak benda yang semakin hilang dikhawatirkan akan terlupakan juga dan nanti orang lain yang mengakui. Itu karena kita lambat selama ini,” ungkapnya.

Ketua Komisi E DPRD Riau yang membawahi bidang kesejahteraan rakyat termasuk kebudayaan di dalamnya, Masnur mengatakan pihaknya akan mengejar pertengahan September Perda SOTK selesai. (Antara)

Komentar

komentar