Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,24 October 2018
Ilustrasi (IST)

Penampung CPO Ilegal Marak di Riau

Pekanbaru – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Provinsi Riau juga mengeluhkan masih maraknya kegiatan penampungan CPO ilegal.

Lokasi paling banyak berada di jalan menuju pelabuhan Dumai. Diduga, ada banyak pihak yang terlibat dalam bisnis pencurian ini. Tak terkecuali oknum supir pabrik kelapa sawit (PKS) hingga oknum aparat.

“Praktik ini sudah berlangsung lama dan semakin menjadi-jadi. Istilahnya ‘mafia atau toke CPO’,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Gapki Riau, Saut Sihombing, Senin (22/8).

Atas keberadaan para mafia yang sangat meresahkan dan merugikan ini, lanjut Saut, berbagai upaya telah dilakukan. “Beberapa tahun lalu, kami pernah melaporkan hal ini ke Polda Riau dan dilakukanlah penangkapan,” ujar Saut.

Namun yang terjadi setelah itu, para penampung CPO curian ini bukannya tutup, malah kini makin marak dan terkesan tak terjamah oleh hukum.

Selain negara, pengusaha dan petani kelapa sawit juga sangat dirugikan. Saat ini, kualitas CPO Indonesia dihadapkan dengan berbagai tudingan dan kampanye hitam seperti isu lingkungan, sengketa lahan dan lainnya. (Antara)

Komentar

komentar