Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,24 October 2018
Lahan gambut (IST)

Perlu Dukungan Masyarakat Restorasi Gambut

Jakarta – adan Restorasi Gambut (BRG) meminta dukungan masyarakat lebih besar untuk merestorasi sekaligus menjaga area gambut agar tidak kering dan menjadi mudah terbakar lagi.

Kepala BRG Nazir Foead dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan BRG melakukan kemitraan dengan sejumlah organisasi masyarakat sipil di tingkat tapak.

BRG, lanjutnya, telah melakukan respon cepat terhadap pengaduan masyarakat mengenai pembukaan kanal di lahan gambut di Pulau Padang, Riau. Tim penilai BRG telah turun ke lapangan dan pelaku pembukaan telah dipanggil.

Bersama dengan masyarakat, BRG sedang merancang penyekatan kanal di areal masyarakat, selain juga untuk melakukan pembangunan sumur bor, penyekatan kanal, dan pemetaan sosial desa-desa gambut.

Dalam laporan enam bulan kinerja BRG, menurut dia, telah terpasang 250 sumur bor di Kalimantan Tengah dan Riau. Target pembangunan sumur bor dengan fasilitas lengkap yang ingin dibangun 2016 mencapai 4000 unit.

Sedangkan 60 sekat kanal telah dibangun bersama masyarakat, dan rencananya akan dibangun 200 hingga 300 sekat dalam tahun 2016.

BRG, lanjutnya, juga sedang membangun pembibitan dengan kapasitas 24 ribu bibit dengan demo penanaman 80 hektare (ha). Sementara itu, kegiatan konsultasi dan identifikasi masyarakat di 60 desa di Kalimantan Tengah juga sedang berlangsung, menyusul dalam waktu dekat di Riau dan Sumatera Selatan dengan tambahan sekitar 40 desa. (Antara)

Komentar

komentar