Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,22 October 2018

Pertamina Investasi US$ 1,5 Miliar di Mahakam

Jakarta – Pertamina akan melakukan investasi sebesar US$ 1,5 miliar tahun depan di Blok Mahakam. Dana itu akan digunakan untuk produksi setelah 2017.

“Jadi, kami harus melakukan investasi awal agar 2018 tak ada penurunan produksi besar,” kata Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta Pusat, Selasa (23/8).

Dwi mengatakan Pertamina tidak melakukan chip in, karena Pertamina ditugaskan untuk mengelola Blok Mahakam setelah 2017. Dana US$ 1,5 miliar akan digunakan untuk pengeboran di 19 sumur baru, dan hal itu akan dilakukan pada triwulan II tahun depan.

Ketika ditanyakan mengenai apakah hanya Pertamina atau ada pihak lain yang akan masuk di Mahakam, Dwi menjawab kalau ada yang masuk, ada grup. Kalau tidak, hanya Pertamina yang akan masuk ke Mahakam.

Dwi menjelaskan, jika Pertamina tak melakukan apa-apa pada tahun depan di Blok Mahakam, akan terjadi penurunan produksi yang cukup tajam. “Kalau kami melakukan sesuatu, akan bisa memperlambat penurunan,” ujar dia.

Menurut Dwi, penurunan produksi terus terjadi karena Blok Mahakam adalah blok tua. “Sekarang bagaimana berinvestasi menambah sumur lain, agar ada tambahan produksinya.” (Tmp)

Komentar

komentar