Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,18 August 2018
Petani kopi (IST)

Petani Kopi Indonesia Dapat Dana Rp 1,3 Miliar

Jakarta – Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) bekerja sama dengan International Islamic Trade Finance Coorporation (ITFC) membantu petani di Indonesia untuk tingkatkan produksi kopi. Sebab, produksi kopi Indonesia dari tahun ke tahun mengalami penurunan.

Menurut data yang dihimpun produksi kopi Indonesia pada 2013 sebesar 740.000 ton, pada 2014 jumlah turun yang disebabkan oleh keadaan iklim sebesar 550.000 ton.

Sedangkan, untuk 2015 walaupun produksi kopi sedikit naik sebesar 600.000 ton tetapi masih dibawah produksi di 2013.

Ketua umum AEKI Irfan Anwar mengatakan nantinya ITFC akan memberikan 100 ribu dollar AS atau setara Rp 1,3 miliar (kurs Rp 13.138) yang dipergunakan untuk membangun pusat pelatihan petani kopi di Indonesia. Salah satunya terdapat di Kabupaten Pak Pak, Sumatera Utara.

“Nanti dalam pusat pelatihan itu akan diberikan pendidikan dan pelatihan bagaimana tata cara menanam dengan benar,” ucapnya saat ditemui usai peluncuran program “Pengembangan dan Pendanaan untuk Eskpor Kopi Indonesia”, di Hotel JW Marriott, Jakarta, Kamis (4/8).

Selain itu, Irfan menuturkan salah satu perusahaan produksi kopi, PT Coffindo, akan menghibahkan lahan kepada petani di Kabupaten Pak Pak, Sumatera Utara seluas 2 hektare.

Nantinya sebagian dari lahan itu akan digunakan salah satunya untuk gudang untuk menyimpan kopi.

“Satu hektare lain untuk kebun percontohan. Jadi nantinya mereka tempat training center, punya pergudangan, punya tempat penjemuran, dan lain-lain,” ucapnya. (Kmps)

Komentar

komentar