Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018
Sekjen Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Yenny Sucipto (IST)

PMN BUMN Harus Dievaluasi

Jakarta – Rapat pemerintah dengan Komisi VI beberapa waktu lalu telah menetapkan Perusahaan BUMN yang diusulkan menerima PMN Tahun 2016 dalam APBNP 2016 adalah sebanyak 21 BUMN dengan total Rp47,820 triliun. Apabila dijumlahkan dengan PMN sejak APBNP 2015 (Rp68 triliun), maka total PMN yang diperoleh BUMN adalah sebesar Rp115,8 triliun.

Namun, hingga saat ini belum terlihat manfaat nyata dari PMN yang diberikan. Bahkan, untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak belum terdapat peningkatan yang berarti.

“Lalu untuk BUMN. Ada Rp115,8 triliun untuk penyertaan modal tapi hingga saat ini tidak ada evaluasi untuk BUMN tahun ini. Dampaknya belum dirasakan,” kata Sekjen Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Yenny Sucipto dalam konferensi pers di kantor Sekjen Fitra, Jakarta, Kamis (18/8).

Untuk itu, perlu evaluasi segera dari pemerintah. Apabila tidak menguntungkan bagi negara, maka dikhawatirkan dana ini dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

“Jadi harus segera dievaluasi segera dan jangan sampai merugikan rakyat. Karena kalau untuk pembangunan dana ini akan sangat besar manfaatnya,” tutupnya. (Okz)

Komentar

komentar