Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Presiden Jokowi (IST)

Presiden Jokowi Minta Kebakaran Hutan Cepat Ditangani

Jakarta –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dilakukan sedini mungkin sebelum api membesar dan menyebar ke mana-mana.

“Kalau diselesaikan lebih awal akan lebih bagus, mumpung masih sedikit, kalau sudah ribuan akan sulit,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (12/8).

Jokowi menyebutkan saat ini ada penurunan jumlah titik api sebesar 74 persen dibanding periode yang sama tahun 2015.

“Tapi saya ingin beri perhatian, ada 217 titik api yang harus diwaspadai di seluruh Indonesia, dalam ratas hari ini saya ingin ada kecepatan penanganan yang lebih terpadu dan efektif jangan sampai bertambah,” tuturnya.

Ia menyebutkan titik-titik api yang muncul di Riau, Sumsel dan Sumut harus segera diatasi sebelum membesar dan bertambah banyak.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu memperkirakan puncak karhutla terjadi pada Agustus-September ini sehingga instansi penanggung jawab agar segera menyelesaikannya.

“BNPB, Kementerian LHK, Polri, TNI agar pada 2016 segera melakukan penyelesaian sedini mungkin sebelum api ke mana-mana,” ujarnya.

Presiden menyebutkan perintah kepada Kapolri, Panglima TNI, teritorial TNI dan Polri baik Kodam, Kodim, Polda, Polres, sampai di bawahnya masih berlaku. (Okz)

Komentar

komentar