Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,20 July 2018

Siklon Tropis Nida Terjadi di Samudera Pasifik, Kepri Ikut Terdampak

Jakarta – Siklon tropis Nida saat ini terjadi di Samudera Pasifik, tepatnya di sekitar Filipina. Fenomena cuaca ini juga berdampak ke beberapa wilayah di Indonesia termasuk Kepulauan Riau.

Berdasarkan informasi dari BMKG yang dikutip detikcom pada Senin (1/8/2016), siklon Nida terdeteksi di Samudera Pasifik, sebelah timur Filipina Utara pada Minggu (31/7) pukul 19.00 WIB. Lokasi persisnya adalah sekitar 1686 km di sebelah barat Laut Tahuna.

Siklon Nida bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 10 knots atau 20 km/jam. Kekuatannya 100 km/jam dengan tekanan terendah 980 mb.

Dalam 24 jam, siklon Nida diperkirakan ada di Laut China Selatan, persisnya di sebelah barat Filipina Utara. Kecepatannya 14 knots atau 25 km/jam dengan kekuatan 125 km/jam dan tekanan terendah 965 mb.

“Siklon tropis Nida memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia yaitu hujan intensitas ringan hingga sedang yang berpeluang terjadi di wilayah Kalimantan bagian Utara, Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau,” demikian keterangan dari prakirawan BMKG.

Siklon tropis Nida juga mengakibatkan gelombang laut dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter. Gelombang ini terjadi di Laut Maluku bagian utara, perairan Kepulauan Sangihe dan Talaut, serta perairan selatan Pulau Buru dan Pulau Seram. (dtk)

Komentar

komentar