Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,20 July 2018
Ilustrasi (IST)

Tips Hadapi Anak Malas Sekolah

MASA kanak-kanak adalah fase di mana anak selalu ingin bermain dan bermain. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, anak perlu sekolah, pada saat inilah mereka kadang enggan untuk berangkat sekolah dan hanya ingin bermain.

Lantas, apa yang harus dilakukan oleh orangtua bila anaknya selalu enggan ke sekolah? Berikut penjelasan dari psikolog anak Efnie Indriyani  di Jakarta.

“Sebenarnya, ini berarti kembali dengan bagaimana orangtua mempersuasi anak untuk sekolah. Anak sering kali mendengar sekolah itu beban, tugas dan butuh waktu yang lama, nah ini tugas orangtua untuk membalikkan itu semua,” ujar Efnie.

Anak dengan tingkat pendidikan apa pun biasanya menghindari berangkat ke sekolah karena momok pekerjaan rumah yang sangat banyak dan berat. Inilah waktunya peran orangtua dijalankan. “Kalau saat banyak tugas anak pasti pelariannya ke main, nah sebagai orangtua ajak ajak anak dengan mengatakan “Wah kamu ada banyak PR ya, berarti ada pembelajaran yang lebih banyak lagi yang akan kamu dapatkan, bagus dong,” beber Efnie.

Tak lupa pula, buat kesepakatan dengan anak. Karena, dunia anak adalah dunia pembentukkan kebiasaan.

“Kalau kita membentuk anak dengan hal positif maka anak akan terbiasa dengan hal yang positif begitu juga sebaliknya. Makanya, orangtua juga perlu ada ketegasan untuk pembentukan rules, di sisi lain orangtua juga harus menyeimbangkan main dan sekolah,” pungkas Efnie. (Okz)

Komentar

komentar