Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi (IST)

Akibat Asap di Pekanbaru, Pesawat Alihkan Pendaratan

Pekanbaru – Pengelola Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru mengaku, baru dua pesawat mengalihkan pendaratan dari rute Jakarta-Dumai, menjadi bandara setempat akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Riau.

“Terpantau oleh saya, baru satu pesawat TransNusa di hari Senin (29/8) mendarat di sini (Pekanbaru). Kalau sehari sebelumnya, saya belum dapat kabar,” papar Kepala Divisi Pelayanan dan Operasi Bandara Internasional SSK II, Hasturman Yunus di Pekanbaru, Kamis (8/9).

Data penanggung jawab operasi Bandara Internasional SSK II menyebut, sepanjang Agusutus 2016 tercatat dua pesawat jenis ATR 72-500 milik Pelita Air Service pada Ahad (28/8) dan ATR 72-600 milik TransNusa Aviation Mandiri pada Senin (29/8) mendarat di bandara Pekanbaru.

Kedua pesawat itu memiliki rute penerbangan dari badara asal di Jakarta dengan tujuan Bandara Pinang Kampai, Dumai. Karena bandara tujuan lumpuh tertutup kabut asap tebal akibat kebakaran di daerah tetangga Kabupaten Rokan Hilir, sehingga dialihkan pendaratannya.

Hasturman mengatakan, semua penumpang terpaksa diturunkan di bandara setempat dan kembali terbang menuju Jakarta tanpa membawa seorang pun penumpang sesuai manifest atau muatan pesawat.

“Untuk TransNusa, 66 orang penumpang dan bagasi akhirnya dibawa dengan tumpangi bus ke Duri dan Dumai. Mayoritas mereka merupakan pekerja di perusahaan minyak,” katanya. (Antara)

Komentar

komentar