Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,22 October 2018
Ilustrasi (IST)

Antisipasi Karhutla Dumai, BPBD Siagakan Helikopter

Pekanbaru –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyiagakan dua unit helikopter pengebom air di Bandara Pinang Kampai, Kota Dumai guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di pesisir Provinsi Riau.

“Dua helikopter jenis MI-8 dan MI-171 telah kita siagakan di Dumai dua hari terakhir,” kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger kepada Antara di Pekanbaru, Senin (5/9).

Dia menjelaskan, kedua helikopter bantuan BNPB yang mampu mengangkut 5.000 liter air sekali operasi pengeboman air tersebut telah berada di Dumai sejak Minggu kemarin (4/9).

Helikopter tersebut menurutnya akan sangat membantu menanggulangi Karhutla apabila kembali terjadi di wilayah pesisir Riau seperti Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, Siak dan Kepulauan Meranti.

Lima kabupaten dan kota tersebut berada di pesisir Riau dan terletak saling berdekatan. Selama ini, BPBD yang tergabung dalam Satgas siaga darurat Karhutla harus menerbangkan helikopter dari Lanud Roesmin Nurjadin apabila kelima wilayah itu membutuhkan operasi pengeboman air sehingga penanggulangan menjadi tidak maksimal.

“Untuk itu, kita menyiagakan dua unit heli di Dumai agar penanggulangan lebih maksimal jika sewaktu-waktu Karhutla terjadi di pesisir Riau,” jelasnya. (Antara)

Komentar

komentar