Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,22 October 2018
Ilustrasi (IST)

Antisipasi Peredaran Obat Palsu di Karimun

Karimun – Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, meningkatkan pemantauan terhadap kemungkinan beredarnya obat palsu maupun ilegal di masyarakat.

“Kami hanya melakukan pemantauan. Kalau ada temuan akan kami koordinasikan dengan BPOM, karena BPOM yang berwenang untuk melakukan penindakan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Sensissiana di Tanjung Balai Karimun, Senin (12/9).

Menurut Sensissiana, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya obat palsu maupun obat ilegal yang dijual di toko obat maupun apotek daerah setempat.

Dia mengatakan, obat-obat yang dijual di daerah perbatasan tersebut, merupakan obat-obat yang masuk secara resmi melalui distributor yang juga terdaftar secara resmi.

Namun demikian, lanjut dia, petugas Dinkes meningkatkan pengawasan terhadap apotek dan toko-toko obat agar tidak menjual obat ilegal, apalagi obat palsu yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat.

Menurut dia, peredaran obat-obat ilegal, seperti obat yang lolos dari pemeriksaan BPOM, memang cukup terbuka mengingat Karimun merupakan daerah perbatasan yang memiliki banyak pintu-pintu masuk. (Antara)

Komentar

komentar