Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Pelabuhan Dumai (ANTARA | Files)

Antisipasi Virus Zika, Kapal Asing Masuk Pelabuhan Dumai Diperiksa

Dumai – Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Dumai Capt Weku F Karuntu mengatakan setiap kapal asing yang masuk wajib diperiksa kesehatan penumpang dan kru agar bisa diambil tindakan jika ditemukan terjangkit virus zika tersebut.

“Kapal juga harus dipastikan bebas dari nyamuk yang membawa virus zika dan karantina melakukan steril terhadap kapal yang masuk,” kata Weku, Sabtu (3/9).

Dia menyebutkan bahwa terkait antisipasi virus ini sudah berkoordinasi dengan lintas sektor terkait setempat agar dilakukan pencegahan dan penanganan bersama.

Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kota Dumai Romauli menyebutkan Dumai memiliki banyak pintu masuk di perbatasan sehingga perlu diantisipasi masuknya virus zika tersebut dan salah satunya dengan pemeriksaan screening untuk melihat suhu panas tubuh.

“Penularan virus ini sama dengan demam berdarah karena gigitan nyamuk aedes aegypti dengan gejala awal merasakan demam mendadak, lemas, kemerahan pada kulit badan, punggung dan kaki, serta nyeri otot dan sendi,” terang dia. (Antara)

Komentar

komentar