Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
TNI Dilibatkan dalam pemadaman Karhutla (IST)

Evaluasi Penanganan Karhutla Riau

Sarilamak – Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan, melakukan evaluasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau yang kemmbali terjadi baru-baru ini.

“Saya sudah mengunjungi Riau, dan melakukan evaluasi tentang kabakaran hutan di Riau ,” kata Pangdam I/BB, Mayor Jenderal Lodewyk Pusung saat melakukan kunjungan kerja ke Detasemen Zeni Tempur 2/Prasada Sakti (Denzipur 2/PS) Padang Mengatas, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (2/9).

Ia menambahkan, saat ini terpantau 300 titik api yang tersebar pada beberapa kabupaten dan kota di provinsi tersebut Sementara lokasi yang paling banyak terbakar itu di kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Dumai, Kampar, dan Pekan Baru.

Lodewyk menyebutkan, ke depannya perlu mengevaluasi Standar Operasional Prosudur (SOP) untuk menangani kebakaran lahan, sehingga tidak lagi memakan korban, seperti yang terjadi di Kabupaten Rokan Hilir Hal itu, ujar dia, sebabkan karena medannya berat dan sulit untuk dilalui, dimana kedalaman gambut nya mencapai satu hingga dua meter.

“Prajurit yang nantinya akan diterjunkan ke lokasi, terutama yang medannya tertutup minimal mereka berkelompok enam orang,” kata dia.

Pihaknya, sudah memerintahkan kepada semua jajarannya agar menindak tegas pelaku pembakar lahan. Menurutnya, tindakan tegas itu harus diambil karena pelaku perambahan tidak saja menghancurkan hutan, namun juga menyebabkan karhutla. (Antara)

Komentar

komentar