Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,17 July 2018
Ilustrasi (IST)

Gunakan Meja Berdiri di Kantor Bantu Turunkan Berat Badan

Duduk terlalu lama di kantor menempatkan Anda pada risiko tinggi penyakit kardiovaskular. Karena itu, sudah saatnya Anda menggunakan meja berdiri di kantor.

Ya, selain menghindarkan Anda dari terlalu lama duduk, menurut sebuah studi, meja berdiri juga ternyata membantu menurunkan berat badan. Tenang, tak perlu selalu berdiri, tempatkan pula kursi jika sudah terlalu lelah untuk duduk.

Studi ini meneliti manfaat potensi meja berdiri dalam mengelola berat badan dengan kegiatan intensitas rendah lainnya. Jika seorang individu berdiri selama 30-60 menit, maka mereka bisa membakar kalori 5,5 kali lebih banyak dibanding mereka yang duduk sepanjang hari.

Berdiri selama jam kerja (rata-rata 8 jam), maka bisa membakar kalori 8,2 lebih banyak. Jika porsi duduk dan berdiri dibagi 2 (4 jam berdiri-4 jam duduk), maka bisa mengeluarkan energi sebanyak 56,9 kalori pada pria dan 48,3 kalori untuk wanita.

Para peneliti percaya bahwa kegiatan rutin dari meja berdiri (duduk dan berdiri) bisa menjadi olahraga yang membantu pekerja kantoran menjaga berat badan.

“Menggunakan meja berdiri dengan kursi adalah cara mudah untuk meningkatkan pengeluaran energi yang cocok untuk budaya kantor,” ujar Bethany Barone Gibbs, asisten profesor dari University of Pittsburgh, dilansir dari Thehealthsite, Kamis (1/9/2016).

Untuk penelitian ini, 18 peserta (9 pria dan 9 wanita) berusia 22-57 tahun yang menggunakan meja berdiri untuk 3 sesi, terbagi satu jam, yaitu 60 menit duduk, 60 menit berdiri dan 60 menit bergantian antara duduk dan berdiri.

“Temuan kami menambah pengetahuan dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan manfaat dari meja berdiri, termasuk peningkatan produktivitas energi, sekaligus mengurangi nyeri punggung bawah, gula darah dan tekanan darah,” tutup Gibbs (Okz)

Komentar

komentar