Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi hewan korban (IST)

Hewan Kurban Pekanbaru Sehat dan tak Cacat

Pekanbaru – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru, Riau menyatakan wilayahnya kini bebas dari hewan kurban sakit dan cacat untuk kebutuhan perayaan Idul Adha 1437 Hijriah.

“Dari pemeriksaan yang telah dilakukan, hasilnya tidak ditemukan adanya hewan yang kondisinya cacat ataupun berpenyakit,” kata Kadistanak Pekanbaru, El Syabrina di Pekanbaru, Sabtu (3/9).

El Syabrina menjelaskan hasil nihil ini dperoleh dari laporan tim yang bertugas memantau kesehatan hewan kurban yang diperdagangkan di Pekanbaru untuk kebutuhan Idul Adha.

Menurut El pihaknya mulai menurunkan tim memeriksa kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha 1437 Hijriah yang jatuh pada tanggal 12 September mendatang.

Pemeriksaan pada hari ketiga, Jumat (2/9). Tim turun ke tujuh lokasi penjual hewan kurban di Kecamatan lima puluh dan Kecamatan Bukit Raya.

Satu tim yang terdiri dari empat orang ini dipimpin Kasi Kesehatan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Keswan dan Kesmavet) Disnak Pekanbaru, Herlandia.

Ditempat berbeda Kasi Keswan dan Kesmavet Disnak Pekanbaru, Herlandia menjelaskan, pihaknya menerjunkan beberapa petugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap penjualan hewan kurban sebagai bentuk pengawasan kesehatan dan kelayakan hewan kurban.

“Kegiatan ini merupakan bagian pengawasan kami terhadap penjualan hewan kurban. Tujuannya adalah untuk melihat kondisi hewan kurban,” ujarnya saat memimpin pemeriksaan di sejumlah titik Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Lima Puluh. (Antara)

Komentar

komentar