Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Kulit dan kepala udang (IST)

Ini Manfaat Kulit Udang & Kepalanya

MENGUPAS kulit udang memang kegiatan yang cukup membosankan, belum lagi kulit udang yang biasanya langsung dibuang tanpa pikir panjang. Mulai sekarang, jangan langsung membuang kulit udang karena ‘sampah’ ini masih bisa diolah jadi kaldu seafood.

Sup seafood atau tomyum akan semakin gurih jika dibuat menggunakan kaldu seafood, untuk mendapatkan kaldu yang gurih bisa menggunakan kulit udang lho. Dilansir dari TheKitchn,Jumat, (16/9/2016), manfaat dari kulit udang dan kepalanya adalah bisa diolah jadi kaldu lezat sebagai base pembuatan sup, saus atau bumbu.

Waktu yang diperlukan untuk membuat kaldu seafood cukup singkat, tidak memerlukan waktu yang berjam-jam layaknya membuat kaldu sapi. Bahkan Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencuci kulit dan kepala udang dibawah air mengalir hingga bersih. Rebus dalam panci berisi air dingin, jangan lupa menambahkan merica, daun salam dan beberapa tangkai daun peterseli untuk membuat rasanya semakin gurih.

Masak selama kurang lebih 15 menit hingga air berubah warna menjadi oranye terang. Setelah dirasa cukup, saring kaldu hingga menjadi cairan yang bersih. Makin kecil saringan maka makin bersih dan makin bagus hasil yang didapatkan.

Kaldu udang ini bisa langsung digunakan atau bisa juga disimpan dalam freezer hingga beku. Cairkan kaldu saat akan digunakan sebagai bahan campuran atau bahan baku sup. (Okz)

Komentar

komentar