Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,21 July 2018
Ilustrasi (IST)

Ini yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan kondisi perut kosong. Misalnya saja tidur. Membiasakan tidur saat perut kenyang bisa membuat tubuh menyimpan ekstra kalori sebagai lemak karena tidur hanya butuh pembakaran energi yang kecil.

Walau demikian, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat perut belum terisi makanan:

– Minum teh atau kopi
Langsung minum kopi atau teh setelah bangun tidur sebenarnya tak disarankan. Minum kopi dengan perut kosong bisa meningkatkan keasaman, sehingga memicu gangguan pencernaan.

Sementara itu, minum teh dengan perut kosong akan menekan pelepasan cairan usus dan mengurangi empedu serta asam di lambung. Teh juga bisa mengurangi nafsu makan.

– Minum obat
Memang ada beberapa jenis obat yang sebaiknya diminum dalam kondisi perut kosong atau sebelum makan, tapi kebanyakan obat justru harus dikonsumsi setelah makan.

Minum obat sesudah makan juga bisa mengurangi risiko iritasi lambung dan berbagai gangguan pencernaan. Selain itu, obat juga bisa diserap tubuh lebih baik.

– Berolahraga
Melakukan olahraga dengan perut keroncongan tidak akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori seperti yang Anda kira. Glikogen, sumber energi tubuh saat kita berolahraga, bisa disimpan 12-16 jam sebelum tubuh kita membutuhkan lagi.

Bila tubuh masih bisa mendeteksi adanya glikogen, lemak tidak akan dibakar. Malah, tubuh justru membakar otot dan menyimpan lebih banyak lemak. Tubuh bisa mengatasi kondisi olahraga ringan saat perut sedang kosong, tapi tidak dengan olahraga yang lebih berat.

– Minum alkohol
Minum alkohol saat perut sedang kosong bisa membuat zat ini langsung memengaruhi peredaran darah. Alkohol akan didistribusikan dengan cepat ke seluruh tubuh dan membuat pembuluh darah melebar.
Kebiasaan ini juga menyebabkan penurunan denyut nadi dan tekanan darah secara sementara. Bila konsenstrasi alkohol dalam darah meningkat, maka kontrol diri pun akan melemah.

– Naik kendaraan
Bepergian dengan kendaraan saat perut kosong dapat menyebabkan mual dan muntah (motion sickness). Walau begitu, hindari juga makanan yang mengandung gas seperti brokoli atau kembang kol. Sebaiknya pilih makanan yang ringan sebelum bepergian. (kmps)

Komentar

komentar