Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,20 July 2018
Ilustrasi kabut asap (IST)

Kabut Asap Selimuti Pekanbaru

Pekanbaru – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, fog atau kabut mengandung butiran air selimuti wilayah ibu kota Provinsi Riau yakni Pekanbaru, sehingga mengakibatkan jarak pandang menjadi terbatas cuma 300 meter.

“Pukul 7.00 (Wib) pagi ini, dilaporkan jarak pandang cuma 300 meter di Pekanbaru. Tetapi bukan kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan di Riau,” terang Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi di Pekanbaru, Jumat (2/9).

Kabut di ibu kota provinsi ini terjadi setelah hujan berlangsung selama hampir empat jam pada siang, sore dan malam hari disertai kelembaban udara minimal berkisar 50 sampai 60 persen.

Dia berujar, kabut tebal berwarna putih atau disebut juga embun karena mengandung butiran-butiran air yang lebih banyak dan proses terjadi pembentukan pada malam dan dini hari.

Fog ini berada sangat dekat permukaan tanah karena berkondensasi dan menjadi lebih mirip awan berwarna putih dengan kelembaban udara berada di bawah rata-rata atau mendukung.

Selain di Pekanbaru, wilayah lain di Riau dengan jarak pandang terganggu yakni di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu 500 meter. Sementara di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan lima kilometer dan Dumai tujuh kilometer. (Antara)

Komentar

komentar