Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018
Ilustrasi kabut asap (IST)

Kabut Selimuti Riau

Pekanbaru – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, fog atau kabut dengan kandungan butiran air menyelimuti sebagian besar wilayah di Provinsi Riau, sehingga mengakibatkan jarak pandang menjadi terbatas.

“Pagi ini dilaporkan jarak pandang cuma 100 meter di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan akibat keberadaan kabut,” beber Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi di Pekanbaru, Kamis (15/9).

Lalu di wilayah ibu kota Provinsi Riau yakni Kota Pekanbaru hanya 600 meter, kemudian Rengat di Kabupaten Indragiri Hulu cuma 800 meter, sedangkan daerah pelabuhan di Kota Dumai normal dengan delapan kilometer.

Menurutnya, kabut yang terjadi tersebut dipastikan bukan berasal dari kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, meski dalam beberapa hari terakhir provinsi ini kembali mengalami karhutla.

Seperti kemarin, satelit milik NASA yakni Aqua dan Terra mendeteksi 29 titik panas berada di wilayah daratan Riau dan tersebar pada tujuh kabupaten yakni di Rokan Hilir 13 titik.

Lalu Pelalawan lima titik, Rokan Hulu empat titik, Kuantan Singingi tiga titik, Indragiri Hulu dua titik, Kampar dan Kepulauan Meranti masing-masing memberi sumbangan satu titik.

“Tapi kabut tebal atau disebut juga dengan hanya bersifat sementara. Begitu terdapat sinar matahari, maka akan hilang. Makin siang atau semakin tinggi matahari, maka keadaan makin membaik,” katanya. (Antara)

Komentar

komentar