Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,17 July 2018
Jenderal Pol Tito Karnavian Foto: (Jefris/detikcom)

Kapolri Bantah Keakraban Polisi-Pengusaha Terkait Kebakaran Hutan di Riau

Jakarta – Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian membantah adanya pertemuan akrab yang dilakukan antara perwira polisi dan pengusaha kelapa sawit terkait kasus kebakaran hutan di Riau.

Menurut Tito, beredarnya foto yang memperlihatkan pertemuan sejumlah perwira polisi dengan pengusaha sawit tidak ada kaitan dengan penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) terhadap 15 perusahaan terkait pembakaran hutan.

“Sudah ada tim Propam saya terjunkan ke sana, Polda juga melakukan pemeriksaan,” ujar Tito seusai memberikan sambutan dalam Rakernis Fungsi Lalu Lintas TA 2016 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Senin (5/9).

“Intinya, anggota tidak ada yang nongkrong, kongko seolah teman saja dengan pengusaha kelapa sawit yang terlibat dalam 15 (perusahaan) SP3,” kata dia.

Menurut Tito, pertemuan yang dilakukan oleh anggota polisi tersebut terjadi secara kebetulan karena diperkenalkan oleh pemilik hotel tempat anggota polisi menginap.

Selain itu, Tito juga membantah bahwa pihak pengusaha kelapa sawit dari PT Andika Permata Sawit Lestari (APSL) yang bertemu merupakan perusahaan yang terkena SP3.

“Mereka kebetulan ada di situ, dan pengusaha kelapa sawit ini tidak terlibat dalam 15 SP3 itu,” kata Tito.

Tito beranggapan, permasalahan ini menjadi sorotan publik karena masalah SP3 kasus kebakaran hutan di Riau dikaitkan dengan foto tersebut. Tito menilai, dua hal itu tidak terkait, tetapi seolah ada hubungannya. (Kmps)

Komentar

komentar