Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Ilustrasi (IST)

Kepri Ekspor Beras Organik ke Singapura

Lingga –  Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tengah mempersiapkan beras organik produksi Kepulauan Riau untuk diekspor ke Singapura dan memenuhi kebutuhan pangan ke negara tetangga tersebut.

“Kepri kita persiapkan untuk ekspor (beras organik) dan bisa memenuhi kebutuhan beras Singapura dan Malaysia yang selama ini kebutuhannya dipenuhi dari Vietnam, Thailand dan Myanmar,” kata Menteri Amran usai melakukan penyemaian padi perdana di Kabupaten Lingga, Kep. Riau, Rabu (7/8).

Amran mengatakan Kepulauan Riau berpotensi besar untuk dijadikan sumber beras ekspor ke negara tetangga, contohnya Singapura yang letaknya hanya memakan waktu kurang dari 2 jam melalui jalur laut.

Ia mengaku sudah menyiapkan anggaran untuk pembukaan lahan sawah tanam padi organik sampai 10 ribu hektare di seluruh Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam kunjungan kerjanya, Amran meminta pada Bupati Lingga untuk membuka lahan pertanian seluas 5.000 hektare dengan didukung peralatan olah tanah dan pascapanen.

Adapun bantuan yang diberikan kepada petani Lingga, yakni traktor roda empat (2 unit), traktor roda dua (lima unit), pompa air (lima unit), benih sumber padi untuk lahan seluas 100 hektare dan benih jagung hibrida 70kg.

“Petani lima orang saja cukup. Apalagi satu combine harvestor bisa menggarap sampai 10 hektare per hari. Produksi bisa meningkat kalau didukung teknologi,” ujar Amran saat dihadapi dengan tantangan sedikitnya jumlah petani di Kabupaten Lingga. (Antara)

Komentar

komentar