Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi virus Zika (IST)

Kepri Siap Hadapi Virus Zika

Tanjungpinang – Di Singapura pada menjelang akhir Agustus 2016 ditemukan puluhan kasus virus zika, sehingga Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau cepat-cepat mempersiapkan daya dan upaya untuk menghadang penularan dari negeri perbatasan tersebut.

Bagaimana tidak, lebih dari 150.000 wisatawan manca negara masuk ke Kepri melalui Singapura tiap bulannya. Belum lagi WNI yang hilir mudik ke Negara Singa setiap hari.

Di Kepri pun terdapat belasan pelabuhan internasional tempat masuknya kapal pembawa penumpang dari Singapura.

Maka, tidak berlebihan jika kemudian Pemprov Kepri siaga, membuat rencana-rencana panjang.

Hanya satu hari berselang setelah otoritas Singapura mengumumkan penemuan kasus zika, Dinas Kesehatan Provinsi Kepri mengumpulkan seluruh kepala dinas kesehatan kabupaten kota yang memiliki pelabuhan internasional, kepala kantor kesehatan pelabuhan, juga kepala puskesmas.

“Pemerintah Singapura sudah menyatakan ada warganya positif zika sebanyak 41 orang. Tentunya kami pada saat ini melakukan antisipasi cegah tangkal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana, Rabu (31/8).

Langkah pertama, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan pengelola kapal membagikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card) kepada seluruh penumpang dari Singapura yang menuju Batam. (Antara)

Komentar

komentar