Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Kesultanan Kutaringin Pangkalan Bun (IST)

Kesultanan Kutaringin Bakal Jadi Tuan Rumah Festival Keraton Nusantara

Kesultanan Kutaringin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng akan menjadi tuan rumah dalam Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-10. Gelaran akbar bagi kerajaan-kerajaan seluruh Nusantara itu, direncanakan mulai pada 10 Oktober 2016.

Kepala Bidang Promosi Wisata dan Perfilman Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Kobar, Kartono mengatakan, penyelenggaraan festival tersebut bertempat di Istana Kuning Pangkalan Bun dan dihadiri oleh seluruh kerajaan dan kesultanan di Nusantara.

“Jadi daerah-daerah yang memiliki kerajaan dan kesultanan nantinya akan turut hadir semua,” kata Kartono, di ruang kerjanya, Kamis (15/9/2016).

Tujuan dari penyelenggaraan festival tersebut adalah, untuk menjalin silahturahmi antar keluarga kerajaan dan yang paling penting yaitu, memperkenalkan budaya kita yang ada di Indonesia.

“Yang jelas, kita ingin mengenalkan budaya kepada anak-anak, bahwasanya inilah kebudayaan kita warisan nenek moyang, sebagai jati diri yang harus dijaga dan dilestarikan,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya festival tersebut, dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat. Nantinya dalam festival tersebut banyak tamu-tamu yang hadir, otomatis hotel-hotel akan terisi dan masyarakat yang berdagang seperti panganan dan kerajinan lokal juga akan mendapat keuntungan dari penjualan.

“Sekalian kita promosi kekayaan budaya lokal Kabupaten Kobar kepada nasional bahkan internasional,” jelasnya. (Okz)

Komentar

komentar