Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi virus Zika (IST)

KKP Bandara Pekanbaru Longgarkan Pengawasan Zika

Pekanbaru – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau, mulai melonggarkan pemeriksaan suhu tubuh penumpang dari Singapura yang semula dilakukan untuk mendeteksi virus zika.

“Karena kasusnya (virus zika) sudah turun. Belum ditemukan perkembangan terbaru dari kasus ini di Singapura. Kita tidak seketat di awal pemeriksaan,” kata Kepala KKP Pekanbaru dr Budy Hidayat di Pekanbaru, Kamis (22/9).

Meski demikian, petugas KKP setempat serta termal “scan” atau alat pendeteksi suhu tubuh dan “bretaeu indek” atau pemeriksaan alat angkut atau barang bawaan berstatus tetap disiagakan.

“Sebab pengawasan bukan hanya dilakukan terhadap tubuh seorang penumpang, melainkan turut diperiksa juga dengan barang bawaan penumpang terutama negeri jiran baik Singapura dan Malaysia,” katanya.

Pengawasan KKP masih dilakukan di empat pelabuhan setempat, yaitu Pelabuhan Dumai di Kota Dumai, Pelabuhan Buatan dan Pelabuhan Perawang di Kabupaten Siak dan Pelabuhan Selatpanjang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Tapi petugas kita, tetap dalam status siaga karena penyebaran di Singapura sudah turun atau tidak meningkat lagi. Kemarin awal September, hampir dua pekan kita ketatkan,” kata dia.

Data menyebut, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II melayani penerbangan rute Singapura-Pekanbaru pergi pulang lima kali dalam sepekan dan rute Kuala Lumpur-Pekanbaru pergi pulang satu kali setiap hari.

“Kita terus berkoordinasi dengan penjabat terkait baik di bandara dan pelabuhan setempat. Kalau bandara, kita tunggu informasi dari maskapai yang tiba,” kata Budy. (Antara)

Komentar

komentar