Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Kimchi (IST)

Manfaat Mengonsumsi Kimchi

Budaya Korea tengah digandrungi di Indonesia. Mulai dari film, musik, gaya berbusana hingga kulinernya yang pedas, Kimchi. Makanan yang terbuat dari fermentasi sayuran ini memiliki cita rasa yang lezat, pedas dan asam dengan berbagai bumbu.

Namun tak hanya lezat, Kimchi juga dipercaya menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari Fox News, makanan yang terbuat dari kol, sawi atau lobak dan dicampur dengan bawang putih, garam, cuka, bubuk cabai dan bahan-bahan lainnya ini kaya akan kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran. Berikut manfaat mengonsumsi kimchi.

1. Rendah kalori dan lemak
Dalam 100 gram kimchi terdapat 34 kalori yang aman dikonsumsi sebagai makanan pendamping dan camilan sehat. Kimchi juga mengandung serat. Untuk 100 gram sajian kimchi memenuhi 7% dari kecukupan serat setiap harinya, yakni 14 gram per 1.000 kalori untuk orang dewasa.

2. Kaya vitamin A
Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam kimchi dipercaya bisa mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan kanker. Vitamin A juga berguna untuk perkembangan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

3. Vitamin C
Selain mengandung vitamin A dan antioksidan, kimchi juga mengandung vitamin C yang berperan melindungi kerusakan sel tubuh dari radikal bebas, berperan dalam proses produksi beberapa nutrisi. Salah satunya kolagen, jenis protein yang membuat kulit tetap elastis dan menjadi bantalan bagi persendian. Kimchi bisa memenuhi 18% angka kecukupan harian vitamin C dalam 100 gram per hari.

4. Mengandung bakteri baik
Dibuat dengan cara fermentasi, membuat kimchi kaya akan bakteri baik lactobacillus. Bakteri ini bertugas menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah dan menghentikan infeksi jamur.

Komentar

komentar