Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Mobil konsep Mercedes Benz Vision Van dilengkapi drone untuk mendukung angkutan kargo (Mercedes Benz Vans)

Mobil Ini Dilengkapi Drone untuk Kirim Barang

Mercedes Benz Vans memperkenalkan mobil van futuristis yang sudah menggunakan teknologi otonom atau bisa melaju tanpa dikontrol sopir. Hebatnya, mobil yang dinamakan Vision Van ini juga dilengkapi dengan dua drone untuk mengambil barang ke kendaraan.

Mercedes Benz mengembangkan mobil ini bersama perusahaan startup drone Matternet. Setiap drone mampu mengangkat barang dengan bobot 2,2 kilogram dengan daya jelajah sekira 20 kilometer untuk sekali isi ulang baterai.

Drone terhubung dengan mobil van yang menggunakan basis cloud untuk mengambil atau mengantar barang ke mobil. Robot di dalam mobil akan bekerja mengambil sesuai dengan urutan pengiriman lalu membawa ke atas untuk diambil oleh drone.

“Melalui Vision Van, Mercedes Benz Vans menghadirkan ide tentang mobil van generasi masa depan seharusnya. Teknologi otomatisasi saling berhubungan satu sama lain, mulai dari loading, proses pengantaran, hingga mengirim ke penerima. Ini akan mempermudah proses bisnis pengiriman barang serta dapat mengurangi waktu pengiriman ke konsumen,” jelas Head of Mercedes Benz Vans, Volker Mornhinweg.

Meski penggunaan drone bukan hal baru lagi, namun jika diintegrasikan dengan mobil pengangkut barang maka ini bisa membuat pekerjaan menjadi lebih praktis.

Penggunaan Vision Van juga mengurangi bobot pekerjaan manusia. Para pekerja hanya tinggal mengirimkan barang ke konsumen yang jaraknya dekat. Mereka pun tak perlu lagi mencari-cari barang yang harus dikirim, melainkan sudah diatur oleh sistem secara otomatis.

Drone bisa mengisi ulang baterai secara otomatis di mobil, sehingga tidak memerlukan campur tangan manusia lagi. Kemanapun mobil van pergi, drone akan mampu melacaknya dan mendarat tepat di atas landasan secara otomatis, tidak perlu menggunakan remote control lagi.

Mobil bertenaga listrik ini cocok digunakan di lingkungan perkotaan. Tenaga yang dihasilkannya setara dengan 100 hp dengan daya jelajah 268 kilometer untuk sekali isi ulang baterai mobil. Interiornya sangat futuristis. Tidak ada setir, pengemudi cukup mengaktifkan fitur-fitur kendaraan menggunakan joystick. Desain panel-panel instrumen juga tidak seperti pada mobil saat ini, melainkan tersaji melalui monitor yang terintegrasi dengan dasbor.

Matternet sendiri sudah menjalani bisnis pengiriman barang, terutama obat-obatan, bekerja sama dengan perusahaan farmasi menggunakan drone. Daerah operasinya adalah Swiss, Haiti, dan Republik Dominika. (Okz)

Komentar

komentar