Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Mobil karya mahasiswa UNY (Dok UNY)

Mobil Karya UNY Siap Berlaga di Jepang

Yogyakarta – Mobil dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) siap berlaga di kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2016. Guna meraih hasil maksimal, 20 mahasiswa yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team (GURT) telah bertolak ke Negeri Sakura untuk melakukan persiapan menghadapi lomba pada 6–10 September.

Pada kompetisi yang diikuti kampus-kampus dari berbagai negara itu, GURT membawakan kendaraan yang diberi nama FG 16. Begitu tiba di Jepang, seluruh anggota tim bergegas melakukan setting kendaraan FG 16 yang telah mendarat terlebih dahulu melalui kargo.

Sebagaimana dilansir laman resmi UNY, Selasa (6/9/2016), waktu yang dibutuhkan para mahasiswa untuk melakukan setting adalah enam jam, termasuk mengisi oli. Tim kemudian melakukan test drive di Fujinomiya Shiraito Speedland untuk mengukur performa kendaraan.

Kompetisi SFJ yang berlangsung di Ecopa Stadium, Shizuoka, Jepang, itu dibagi menjadi dua ranah, yaitu static event dan dynamic event. Dalam ranah static event, kompetisi yang dilangsungkan yaitu dari cost report, design report, dan business logic plan. Sedangkan dalam ranah dynamic event, kompetisi yang dilangsungkan yaitu acceleration, skidpad, autocross, endurance, serta efficiency.

Kendati demikian, menuju ke babak dynamic event saja bukan perkara mudah. Sebab, tim harus memastikan lulus proses scrutting terlebih dahulu. Dalam proses scrutting, kendaraan akan diuji dari berbagai aspek. Adapun aspek yang diuji meliputi kelengkapan kendaraan, pengereman, noise, tilt, hingga kemampuan racer dalam mengenali rules selama di lintasan balap. (Okz)

Komentar

komentar