Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Ilustrasi (IST)

Olahraga Kardio Pembakar Kalori Terbanyak

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa latihan kardio adalah jenis latihan yang perlu dilakukan untuk tetap bugar dan menjaga berat badan tidak naik. Tetapi, olahraga ini sering sulit dilakukan karena alasan tak ada waktu.

Kabar baiknya, sebenarnya kita tak harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan latihan kardio agar lebih banyak kalori terbakar. Yang perlu diketahui adalah memilih jenis kardio yang tepat.

Aktivitas yang menggunakan lebih banyak massa otot dan butuh ketahanan merupakan pembakar kalori terbaik. Selain itu, makin tinggi intensitasnya makin banyak kalori yang dibakar.

Berikut adalah beberapa latihan kardio yang bisa membakar banyak kalori dalam waktu sebentar.

– Interval lari cepat
Berlari, naik sepeda, atau berenang, dalam kecepatan stabil memang cukup untuk membakar kalori, terutama untuk pemula. Tetapi jika Anda mempercepat waktunya, maka kalori yang terbakar lebih banyak lagi.

Pria dengan bobot tubuh 70 kilogram yang berlari dengan kecepatan 7,5 mil perjam bisa membakar 465 kalori dalam 30 menit. Cobalah lakukan interval dengan berlari cepat 2 menit lalu satu menit joging, begitu seterusnya.

– Panjat tebing
Setiap otot di tubuh Anda, mulai dari ujung jari tangan sampai telapak kaki akan bekerja saat Anda melakukan panjat tebing, baik di dalam atau luar ruangan. Pria dengan bobot 70 kilogram yang melakukan panjat tebing 30 menit membakar 409 kalori.

– Berenang
Seluruh tubuh akan ikut bergerak saat kita berenang. Bila kita melakukan renang gaya dada selama 30 menit, kalori yang terbakar 372, sementara itu jika melakukan gaya kupu-kupu kalori yang terbakar mencapai 409. Tempat kita berenang juga berpengaruh. Berenang di laut akan membakar lebih banyak lagi kalori.

– Menaiki bukit
Entah itu bersepeda atau berlari, saat kita mendaki bukit dibutuhkan kerja otot-otot yang besar. Kita akan membakar kalori 10 persen lebih banyak dibandingkan berlari di permukaan yang rata. Dalam periode 30 menit berlari dalam kecepatan sedang kira-kira akan terbakar 373 kalori.

– Joging atau lari
Anda mungkin merasa olahraga lari terlalu berat sehingga malas melakukannya. Tetapi, olahraga lari adalah pembakar kalori terbaik karena kita menggerakkan tubuh menjauhi tanah. Kalori yang terbakar dalam 30 menit sekitar 372. Semakin cepat Anda berlari, makin banyak kalori yang dibakar.

Lompat tali
Jangan meremehkan olahraga yang mirip dengan permainan anak-anak ini. Lompat tali yang dilakukan dengan kecepatan sedang selama beberapa menit sampa seperti melakukan lari cepat.

Dalam 30 menit latihan lompat tali kita akan membakar sekitar 372 kalori. Tidak semua orang mampu melakukan lompat tali dengan lama, karena itu lakukan interval dengan melakukan lari di tempat selama dua menit, lalu melompat lagi.

– Burpee
Burpee adalah kombinasi gerakan dasar olahraga seperti push-up, menendang, atau melompat, tetapi dilakukan dengan cepat. Bila dilakukan selama beberapa waktu, akan ada banyak kalori yang terbakar. Kalori yang terbakar bisa mencapai 300 selama 30 menit. (Kmps)

Komentar

komentar