Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Boediono (IST)

Pada 2030, Ekonomi RI Bisa Masuk Peringkat ke-7 Dunia

Jakarta – Mantan Wakil Presiden Boediono mengatakan perekonomian Indonesia di tahun 2030 bisa mencapai peringkat ke-7 dunia.  Namun dengan catatan, setiap tahun perekonomian harus bertumbuh 7  persen.

“Kita bisa mencapai pertumbuhan 7 persen per tahun jika produktivitas cukup tinggi,” ucapnya saat menyampaikan sambutan di simposium peringatan 55 tahun PT Pembangunan Jaya, Senin (19/9).

Menurut Boediono, pemerintah harus bisa menjaga produktivitas karena bisa berpengaruh terhadap  ekonomi, sosial, dan politik. Ada tiga faktor utama yang mempengaruhi produktivitas, yakni lingkungan usaha, demografi dan teknologi.

Menurut Boediono, faktor lingkungan usaha yang paling luas cakupannya, kestabilan politik dan ekonomi makro sebagai kuncinya. “Tugas otoritas dan pemerintah menjaga ekonomi makro dan harus didukung dengan stabilitas politik.”

Pertumbuhan demografi juga menjadi bagian penting dari faktor peningkatkan produktifitas. Menurut Boediono, urbanisasi merupakan pedang bermata dua. Urbanisasi adalah sumber peningkatan produktifitas, menandakan adanya aktifitas ekonomi yang tinggi di suatu kawasan.

“Namun, jika pertumbuhan penduduk tidak didukung penyediaan lapangan pekerjaan, sarana dan prasarana yang baik bisa  menjadi musibah, pengangguran semakin banyak,” ucapnya. (Tmp)

Komentar

komentar