Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Mahkamah Agung (IST)

Parlemen Setujui Tiga Calon Hakim Agung

Jakarta – Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat yang digelar hari ini, Selasa, 6 September 2016, menyetujui tiga calon Hakim Agung di Mahkamah Agung (MA). Mereka adalah Panji Widagdo dan Ibrahim sebagai Hakim Agung Peradilan Perdata, serta Edi Riadi sebagai Hakim Agung Peradilan Agama.

Sebelumnya, Komisi Yudisial mengusulkan lima calon Hakim Agung dan dua calon Hakim Ad Hoc Tipikor. Kelima calon Hakim Agung tersebut adalah Ibrahim, Panji Widagdo, Setyawan Hartono, Hidayat Manao dan Edi Riadi. Sedangkan dua calon Hakim Ad Hoc yakni Dermawan S. Djamian dan Marsidin Nawawi.

Wakil Ketua Komisi Hukum DPR, Benny Kabur Harman, mengatakan setelah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap seluruh calon, DPR memutuskan hanya menyetujui tiga calon Hakim Agung.

“Tidak ada satu pun dari calon hakim ad hoc Tipikor kami setujui,” kata Benny dalam laporan dalam Sidang Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selasa (6/9).

Bahkan, kata Benny, awalnya seluruh Fraksi di Komisi Hukum DPR menolak semua calon yang diajukan oleh Komisi Yudisial. “Karena tidak ada yang berkualitas,” katanya. (Tmp).

Komentar

komentar